by

Mukjizat Nabi Musa AS yang Tercantum dalam Al-Qur’an, Tongkatnya Berubah Menjadi Ular Besar

SULBARPEDIA.COM,- Para nabi dan rasul yang Allah SWT utus diketahui memiliki sejumlah mukjizat. Mukjizat yang Allah beri kepada utusan-Nya dimaksudkan sebagai tanda kenabian atau kerasulan untuk menunjukkan kepada orang yang meragukannya.
Mengutip buku Aqidah Akhlak oleh Taofik Yusmansyah, kata mukjizat berasal dari bahasa Arab yakni a’jaza, artinya melemahkan atau menjadikan tidak mampu.

Menurut istilah syariat, mukjizat adalah suatu kejadian luar biasa yang terjadi melalui seseorang yang mengaku nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada yang ragu.
Untuk melakukan kembali mukjizat yang serupa, para nabi dan rasul tidak memiliki kemampuan, sebab mukjizat hanya bisa terjadi atas seizin dan kehendak Allah.

Mukjizat Nabi Musa
Di antara para nabi dan rasul yang memiliki mukjizat adalah Nabi Musa AS. Allah berfirman dalam Surah Al-Isra ayat 101 bahwa Nabi Musa dianugerahi sembilan mukjizat yang nyata.

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسٰى تِسْعَ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰتٍ

Arab Latin: Wa laqad ātainā mụsā tis’a āyātim bayyinātin
Artinya: Sungguh, Kami telah menganugerahkan kepada Musa sembilan mukjizat yang nyata.

Quran Kemenag memberikan keterangan terkait sembilan mukjizat Nabi Musa, yaitu tongkat, tangan yang bisa memancarkan cahaya, belalang, kutu, katak, darah, banjir besar, laut yang terbelah, dan gunung (Sinai).

Disebutkan dalam buku Keagungan Mukjizat Nabi Muhammad oleh Syeikh Said Abdul Azhim, para ulama berpendapat mengenai mukjizat Nabi Musa AS, di antaranya; tongkat Nabi Musa berubah menjadi ular besar, tangan memancarkan cahaya bila dimasukkan ke dalam saku bajunya lalu dikeluarkan kembali.

Doa Nabi Musa terhadap kaum Fir’aun ketika mendustakannya maka Allah mengirimkan kepada mereka angin taupan, belalang, kutu, katak, darah. Terbelahnya laut untuk menyelamatkan Bani Israil dan menenggelamkan Fir’aun dan tersesatnya Bani Israil di daerah Tih.

Diturunkannya manna dan salwa kepada Nabi Musa dan kaumnya, serta keluarnya air dari dalam batu.

Mukjizat dan kisah Nabi Musa tercantum dalam Al-Qur’an
Melansir Tafsir Qashashi Jilid II oleh Syofyan Hadi dan buku Aqidah Akhlak, berikut sejumlah mukjizat Nabi Musa AS yang diceritakan dalam Al-Qur’an.

1. Tongkat Berubah Menjadi Ular Besar
Tongkat milik Nabi Musa berubah menjadi ular dikisahkan oleh Allah dalam sejumlah ayat, yaitu Surah Al-Qashash ayat 31, Surah An-Nam ayat 10-11, dan Surah Thaha ayat 17-21.
Allah mengutus Nabi Musa kepada kaum yang mempunyai keahlian ilmu sihir. Pada kala itu, ilmu sihir meluas dan menjadi kebanggaan masyarakat Bani Israil. Dan Allah SWT memberi Musa mukjizat berupa kemampuan mengubah tongkat menjadi ular.

Suatu waktu, Allah memerintahkan Musa untuk melemparkan tongkatnya. Saat dilempar, tiba-tiba tongkat berubah menjadi ular besar, dan Musa pun ketakutan. Allah kemudian memerintahkan untuk mengambil ular itu, dan kembalilah menjadi tongkat yang biasa ia gunakan.

Ketika sedang mengajak kaumnya kepada jalan Allah, Firaun menentang ajarannya dan menyuruh tukang sihir untuk melawan Musa dengan tali dan tongkat yang seakan-akan menjadi. Allah memerintah Nabi Musa untuk melemparkan tongkatnya, kemudian berubahlah menjadi ular besar yang menelan ular-ular buatan tukang sihir.

2. Tangan Memancarkan Cahaya
Dalam Surah Al-Qashash ayat 32, Surah An-Naml ayat 12, dan Surah Thaha ayat 22-23, Allah menerangkan mukjizat Musa yaitu tangan yang bercahaya.

Nabi Musa diperlihatkan Allah kelebihan yang diberikan kepada dirinya. Ia diperintahkan oleh Allah SWT untuk memasukan tangannya ke kantong baju, kemudian tiba-tiba tangannya mengeluarkan cahaya putih bagaikan sepotong bulan yang bersinar.

3. Membelah Lautan dengan Tongkat
Tongkat Nabi Musa juga bisa membelah laut atas kehendak Allah. Laut yang terbelah menjadi jalan bagi Musa dan pengikutnya untuk menyelamatkan diri dari kejaran Firaun beserta tentaranya.
Saat Nabi Musa dan rombongan telah sampai di daratan seberang, Firaun juga pasukannya masih berada di tengah laut yang terbelah. Kemudian seketika laut menyatu kembali dan menenggelamkan Firaun bersama pasukannya.
Mukjizat dan kisah Nabi Musa mengenai lautan terbelah dengan tongkat tercantum dalam Surah Asy-Syuara ayat 63-66.

4. Doa Nabi Musa yang Mendatangkan Banjir Besar, Belalang, Kutu, Katak, dan Darah
Sejumlah mukjizat Nabi Musa ini disebutkan oleh Allah dalam Surah Al-A’raf ayat 133, yang artinya:

“Maka, Kami kirimkan kepada mereka (siksa berupa) banjir besar, belalang, kutu, katak, dan darah (air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas dan terperinci. Akan tetapi, mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum pendurhaka.”

Munculnya banyak belalang yang melahap tanaman Bani Israil sehingga mereka menjadi kekurangan pangan. Datangnya sejenis kutu yang menggigit mereka.sehingga tidak bisa tidur.

Katak di lumbung makanan dan dapur Bani Israil. Dan air minum mereka yang bercampur darah sehingga tidak memiliki air bersih untuk dikonsumsi dan dipakai.

5. Terangkatnya Gunung Sinai
Allah menjelaskannya dalam Surah Al-Baqarah ayat 63 & 93, juga dalam Surah An-Nisa ayat 154.

“(Ingatlah) ketika Kami mengambil janjimu dan Kami angkat gunung (Sinai) di atasmu (seraya berfirman), “Pegang teguhlah apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!” Mereka menjawab, “Kami mendengarkannya, tetapi kami tidak menaatinya.” Diresapkanlah ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah patung) anak sapi karena kekufuran mereka. Katakanlah, “Sangat buruk apa yang diperintahkan oleh keimananmu kepadamu jika kamu orang-orang mukmin!” (QS Al-Baqarah: 93)

Quran Kemenag memberi penjelasan bahwa pengangkatan gunung dimaksudkan sebagai peringatan kepada Bani Israil agar selalu menepati janji mereka untuk melaksanakan ajaran Taurat.

(detik.com)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed