by

KMII Jepang dan Hikmat Mamuju Berbagi Sembako

SULBARPEDIA. COM, -Ketua Himpunan Keluarga Mandar Tande (HIKMAT) Cabang Mamuju, H.Hasanuddin Haruna didampingi sejumlah pengurus menyerahkan paket bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Mamuju, Sabtu, 15 Mei 2020.

Sebanyak 150 paket bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil kerja sama HIKMAT Cabang Mamuju dengan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) dan Jamaah Mesjid Strit (JMS) di Jepang.

Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang sendiri merupakan organisasi induk masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di Jepang, dan menaungi organisasi organisasi muslim yang tersebar di daerah daerah di Jepang. Pada kesempatan ini, dana ZIS yang terkumpul di KMII Jepang digunakan dan disalurkan secara merata di wilayah Indonesia, meliputi pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi (Mamuju) dengan koordinasi dari organisasi Jamaah Masjid SRIT (JMS) Indonesia.

Kedepannya penyaluran dana ZIS KMII Jepang ini bisa lebih merata dan mencakup pulau pulau dan provinsi di seluruh Indonesia.

H.Hasanuddin Haruna menjelaskan bahwa pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Tande yang bermukim di Mamuju terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 yang ada di Kabupaten Mamuju. Sekaligus untuk merealisasikan salah satu program kerja HIKMAT Cab. Mamuju.

Dikatakan bahwa setiap bulan Ramadhan, HIKMAT Mamuju melakukan kegiatan amaliah Ramadhan berupa buka puasa dan tarwih bersama di rumah pengurus atau anggota HIKMAT yang ada di Mamuju.

“Tahun ini kami telah merencanakan kegiatan amaliah Ramadhan lagi berupa buka puasa dan tarwih bersama, namun karena adanya virus corona maka kegiatan amaliah tersebut diadakan dalam bentuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat Tande yang ada di Mamuju”

“Kita kan harus mengikuti anjuran pemerintah, dan sekaligus pada saat yang sama bisa berpartipasi membantu pemerintah dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang mengalami dampak dari virus corona ini,” kata ketua HIKMAT.

Terkait dengan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19, HIKMAT di Mamuju sudah melakukan beberapa kali kegiatan. Pada bulan Maret yang lalu telah pula dilakukan penggalangan dana di kalangan keluarga Tande yang ada di Mamuju untuk selanjutnya diberikan kepada korban covid (kasus 1) Corona.

“Kami juga sudah memberikan bantuan dana kepada Nanda J yang merupakan warga Tande di Majene. Ketika dia dirujuk berobat di Mamuju, warga HIKMAT yang ada di sini (Mamuju) dengan diwadahi oleh Hikmat Mamuju langsung bergerak untuk menggalang dana dan menyerahkannya kepada yang bersangkutan. Itu sebagai bentuk dukungan untuk membangun spirit Adik J dalam melawan virus corona”tuturnya.

Hasanuddin menambahkan bahwa pada bulan yang sama, HIKMAT Cab. Mamuju juga telah menyerahkan bantuan paket sembako kepada seluruh warga Tande yang ada di Mamuju.

“Jadi sebenarnya pembagian paket hari ini merupakan tahap ke 3 dalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid-19,” kata Hasanuddin Haruna.

Bantuan yang disebar di beberapa titik di empat Kecamatan di Kabupaten Mamuju yakni Kecamatan Mamuju, Kecamatan Simboro, Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Kalukku tersebut tidak hanya diberikan kepada warga Hikmat Mamuju saja namun seluruh masyarakat yang mengalami dampak ekonomi dari covid-19. Paket bantuan yang diserahkan berupa beras, minyak goreng, telur, gula pasir dan susu.

Hasanuddin menjelaskan warga penerima bantuan yakni mereka yang telah didata langsung oleh pengurus dan anggota HIKMAT Mamuju dengan berbagai latar belakang pekerjaan antara lain buruh bangunan, pengumpul batu gunung, penjual sayur, penjual jajanan sekolah, tukang ojek, tukang becak, dan tani.

Katiming, salah seorang warga penerima bantuan yang tinggal di Jalan Husni Thamrin mengatakan bahwa paket yang diterima itu tentu sangat terasa manfaatnya.

Sebagai penjual jajanan sekolah, Katiming mengaku merasakan langsung dampak covid-19.

“Bantuan beras, minyak, gula pasir, telur dan susu sangat membantu kami. Saya berterima kasih banyak kepada pihak HIIKMAT pak. Saya sudah hampir dua bulan tidak bisa menjual. Semua sekolah libur, dan saya tidak bisa berjualan lagi, “kata Katiming.

H. Hasanuddin Haruna menyampaikan harapannya agar paket yang telah diserahkan tersebut dapat membantu meringankan beban warga masyarakat yang terdampak covid-19, sekaligus mengajak semua pihak untuk selalu memperkuat semangat empati kepada sesama.

“Saya percaya bahwa dengan kebersamaan kita, seberat apapun beban dari dampak corona ini, in sya Allah bisa kita lewati. Yang terpenting adalah kepedulian dan aksi nyata dalam membantu meringankan beban saudara-saudara kita. Apalagi saat ini masih bulan Ramadhan, mari mengisinya dengan ibadah termasuk berbagi dengan saudara-saudara kita,”tutup Ketua HIKMAT Cab. Mamuju.

 

(Lis/Lal)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed