by

Lomba Lagu Daerah Mamuju Tingkat Pelajar yang Digelar Disparbud Resmi Ditutup, Ini Juaranya

SULBARPEDIA.COM,- Lomba menyanyi solo lagu daerah Mamuju tingkat pelajar se-kabupaten Mamuju yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Mamuju Sabtu, 26 November 2022 resmi ditutup.

Dari total 55 peserta yang tampil, 4 diantaranya dinyatakan sebagai juara. Juara 1 diraih oleh pelajar dari SMA Negeri 1 Mamuju Dona Agnesia dengan total nilai 271, juara 2 diraih oleh Sesa dari SMPN 2 Mamuju dengan nilai 270,50. Sementara juara 3 diperoleh Vaica Patradiningsih dari SMA Negeri 1 Tappalang dan terakhir juara Faforit diraih oleh Ikram pelajar dari SMA 2 Mamuju dengan total nilai 262.

Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju Marwan Haruna mengatakan 4 orang peserta atau pelajar yang mendapatkan juara itu diberikan penghargaan dalam bentuk uang pembinaan dan piagam penghargaan dari Dinas Pariwisata Kab.Mamuju.

Marwan mengatakan secara umum semua peserta dinilai telah mampu menyanyikan lagu daerah dengan baik dan benar namun masih perlu pendalaman dan penghayatan terutama pada penguasaan panggung, artikulasi bahasa dan cara memenggal kalimat.

“Saya mengucapkan selamat kepada yang juara, bagi yang belum juara jangan putus asa, terus berlatih agar kedepan bisa tampil lebih baik.”jelasnya.

Marwan menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kembali potensi pelajar khususnya dibidang seni tarik suara.

Ia menambahkan saat ini sudah banyak lagu-lagu seperti pop, dangdut dan rok yang kemungkinan akan dapat membuat kecintaan terhadap lagu daerah semakin
kurang diminati oleh kalangan pemuda dan pelajar. Melalui momentum ini Disparbud berharap pelajar dapat lebih mengenal dan mencintai lagu-lagu daerah Mamuju.

“Melalui momentum ini kami berupaya menumbuhkan kembali kecintaan budaya kepada para pelajar utamanya melalui lagu daerah. Maraknya musik pop dan rok membuat kecintaan lagi daerah tergerus sehingga banyak remaja tidak lagi mengetahui dan mencintai lagu daerah kita.”kata Marwan.

Acara lomba ini dipusatkan di Wisma Malaqbi Jl.Pababari Mamuju. Acara ini dikuti 55 siswa dari berbagai sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Mamuju Prov.Sulbar.

Untuk diketahui, Disparbud Mamuju memanggil tiga dewan juri untuk menilai peserta lomba menyanyi salo lagu daerah Mamuju ini yakni :
1. Ahmad Anas (penyanyi dan pemerhati seni budaya)
2.Kia Syafaruddin (penyani dan pemerhati seni budaya)
3.Aris Michail (guru vokal dan Asn Disparbud)

Setidaknya ada 4 hal dinilai oleh dewan juri pada acara lomba ini yakni : Intonasi, Sound Cuality atau materi suara, ketepatan membawa lagu dan penampilan.

 

 

(Adv/Lal)

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed