by

PCNU Mateng Gelar Maulid Akbar Sekaligus Lomba Tiri

MATENG,Sulbarpedia – Bertempat di Aula Pendopo Rujab Ketua DPRD Mamuju Tengah, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Gelar Maulid Akbar.

Dalam Kegiatan itu, panitia melaksanakan lomba tiri (menghias telur) yang di ikuti PKK SKPD se-Mateng dan PKK Desa se-Mateng. Kamis (17/11/22).

Dari pantauan awak media ada ratusan peserta tengah mempersiapkan tirinya masing – masing yang akan diperlombakan.

Pada kesempatan itu, Ketua panitia Alamsyah menuturkan perlombaan menghias tiri di momentum maulid akbar PCNU Mateng bertujuan untuk mengungat budaya – budaya lokal yang memunah.

Selain menguatkan budaya local, Maulif Akbar ini juga untuk menyemarakkan kegiatan yang digelar oleh panitia PCNU Mateng.

“Sengaja kita adakan perlombaan merias tiri untuk menumbuhkan budaya di Sulbar,” ungkapnya saat dibawancari oleh sejumlah Media

Ditempat yang sama Ketua DPRD Mateng Dr. H. Arsal Aras, SE, M.Si., mengatakan ia bersama teman-teman NU bersepakat melaksanakan maulid akbar sekaligus pelantikan PCNU ditiga Kabupaten dan Pelantikan pengurus MUI Mateng.

“Untuk pelantikan PCNU malam nanti dari tiga Kabupaten yakni Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu, yang akan dilantik oleh Wakil Ketua PBNU Pusat,” ungkap Arsal.

Ia melanjutkan ada lomba tiri yang peserta nya dari OPD, Desa dan Muslimat NU.

“Momentum maulid akbar ini untuk membangkitkan kembali yang dimana dua tahun terkahir ini hampir tidak melaksanakan maulid akibat pandemi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Arsal menyebut ada sekitar 2000 jiwa yang menghadiri maulid akbar ini.

“Saya melihat inovasi teman-teman OPD dan Desa sebagai peserta lomba, kami mengapresiasi karena telah berpartisipasi dalam merayakan maulid akbar ini,” ucapnya.

Ia juga berharap dengan adanya Maulid Akbar ini, tentu agar tradisi dan budaya di Mateng tidak punah begitu saja bagi muslim di Kab.Mateng yang melaksanakan maulid salah satu tradisi kita adanya tiri ini .( erk/**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed