by

Bijaklah Menggunakan Media Sosial! Saatnya Belajar dari 3 Film tentang Bahaya Dunia Maya

Minggu lalu Netflix merilis film baru berjudul “The Social Dilemma“. Sama seperti judulnya, ya, film ini tentang penggunaan media sosial. Film ini tentu berbeda dari “The Social Network” yang menceritakan kehidupan Mark Zuckenberg karena “The Social Dilemma” membahas tentang sisi gelap dari media sosial.

“The Social Dilemma” juga ingin memberikan gambaran tentang bagaimana dunia bisnis mengontrol masyarakat. Jeff Orlowski, sutradara dari film ini ingin mengusung strategi dari dua dokumenter terdahulunya. Dia ingin membawa sudut pandang baru pada topik yang familiar namun membuat semua orang ketakutan.

Film-film yang Menunjukkan Sisi Buruk dari Sosial Media

Kita pun mungkin tidak bisa lepas dari platform media sosial dan sering kali menghabiskan waktu bermedsos. Sebenarnya, tuh, banyak sekali film-film di luar sana yang menunjukkan sisi buruk media sosial sehingga harus bijak saat main. Apa saja film yang membawa pesan ini? Nonton bersama, yuk!

1. The Social Dilemma (2020)

“The Social Dilemma” adalah film dokudrama Amerika pada tahun 2020 yang disutradarai oleh Jeff Orlowski. Film ini mengeksporasi kebangkitan media sosial dan kerusakan yang ditimbulkannya terhadap masyarakat dengan mengeksploitasi penggunanya untuk keuntungan finansial.

Film ini menunjukkan bagaimana perusahaan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter melakukan pengawasan dan penggalian data untuk memanipulasi pengguna. Mereka membiarkan penggunanya kecanduan terhadap medsos dan memanfaatkan data pengguna untuk keperluan politik. Hal ini tak hanya berdampak kepada tatanan politik namun juga kesehatan mental remaja.

Belum lagi dengan munculnya teori-teori konspirasi yang membahayakan orang banyak, seperti Pizzagate, 5G, maupun kaum bumi datar. Mereka menunjukkan bagaimana data yang kita berikan lewat aktivitas medsos tidak hanya menguntungkan bagi mereka secara finansial, namun juga bisa digunakan memanipulasi para penggunanya. Penasaran, kan?

2. The Great Hack (2019)

Apakah kamu masih ingat kasus Facebook menjual data kepada Cambridge Analytica yang akhirnya memengaruhi Pemilu Presiden AS 2016 dan Brexit? Dokumenter ini fokus kepada mantan direktur dari Cambridge Analytica dan jurnalis investigasi yang membahas keterlibatan Cambridge Analytica terhadap politik di banyak negara.

Film dokumenter “The Great Hack” ini membeberkan kisah Cambridge Analytica yang bertanggung jawab atas skandal big data. Big data yang biasanya untuk strategi marketing malah digunakan untuk membuat kampanye politik yang mengganggu perpolitikan AS dan Inggris. Maka dari itu kita harus cermat jika memberikan data saat beraktivitas online.

Kamu akan mengikuti kisah mengenai privasi data ini dari wartawan investigator yang melakukan investigasi terhadap Cambridge Analytica. Selain itu, kita juga akan melihat bagaimana proses pengambilan dan pemanfaatan data ini yang menjadi inti dari skandal Cambridge Analytica. Canggih, kan, bagaimana bisa sampai memengaruhi pemilu?

3. The Social Network (2010)

Film ini tak menakutkan atau meresahkan layaknya film horor. Namun film ini menampilkan kebrutalan lingkungan dan cara kerja di balik layar raksasa media sosial dan Silicon Valley pada umumnya.

Film besutan Aaron Sorkin ini menggali latar belakang berdirinya Facebook dan tuntutan hukum. Sementara, film ini juga berfokus pada Mark Zuckerberg dan orang lain yang terlibat dalam pembuatan jejaring sosial.

(source : rukita.co & republika.co.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed