KPU Luncurkan Tahapan dan Tagline Pilkada Sulbar Tahun 2024

- Jurnalis

Minggu, 9 Juni 2024 - 16:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBARPEDIA.COM,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengelar peluncuran Tahapan dan Tagline Pilkada Tahun 2024 di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sabtu (8/6/2024).

Sulbar “BARANI, menjadi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November tahun ini.

“BARANI” merupaka penggabungan dari kata, Berbudaya, Aman, Ramah dan Melayani. Dalam acara tersebut, KPU juga melaunching dan mengumumkan pemenang Maskot dan Jingle Pemilihan Tahun 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

I Penur (Subar Memilih) Karya Irfan Pangallo diumumkan menjadi pemenang pertama lomba maskot 2024. Ilustrasi karakter I Penur diambil dari hewan reptil yang dilindungi, yaitu penyu. Maskot I Penur menggunakan tiga corak tenun khas Sulawesi Barat. Tenun sekomandi, tenun sambu dan tenun sure. Karakter I Penur mengunakan pengikat kepala yang disebut passapu.

I Penur menjadi sebuah penggabungan konsep masyaratak Sulbar yang mampu menyatukan dalam keberagaman, perbedaan adat istiadat di tengah Sulbar yang multi etnis.

Dengan pelaksanaan Pilkada,KPU ingin mencoba menyatukan perbedaan adat istiadat, perbedaan pandangan, perbedaan ideologi untuk meyatu dalam membangun Sulbar.

Pemenang kedua, ketiga dan keempat loba maskot masing-masing diraih Muhammad Faisal Daangkang (Si Aput), Muhammad Nurfalih Maskur (Barlih) dan Dwi Wahyuni Saputra (Sisuba).

Adapun untuk Lomba Jingle, dimenangkan oleh Muh. Mufli Wirawan dengan judul Sulbar “BARANI”, pemenang kedua Willy Dean Anditya (Ayo Memilih Untuk Sulbar), pemenangn ketiga Imam Waahyudi (Memilih untuk Sulbar), dan pemenang ke empat Ahmad Mujahidin (Pesta Demokrasi Pilgub Sulbar).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat Said Usman Umar menjelasakan, ada komitmen KPU Provinsi Sulawesi Barat untuk melaksanakan tahapan inti Pilkada ini secaraa efisien.

Sekedar contoh, tidak perlu menghadirkan artis dari Nasional, karena putra putri Sulbar mampu menampilkan hiburan level Nasional. Dalam penluncuran KPU mampu menghadirkan semua elemen masyarakat dari 6 kabupaten, yang mampu menyampaikan pendidikan pemilih sampai pada tingkat terendah.

Said menjelaskan, pengenalan tagline, maskot dan jingle Pilkada Gubenur dan Wakil Gubernur Tahun 2024, setelah melakukan proses seleksi. KPU membentuk tim yang merupakan rata-rata dari tokoh masyarakat Sulawesi Barat, yang didesai sebelumnya dalam bentuk FGD. Tim tersebut yang bekerja sehingga terpilih beberapa pemenang.

“Kalau melihat dari sisi tagline “BARANI,” barani kami ingin mencoba memperkenalkan kepada publik untuk memberikan edukasi kepada pemiliih, agar dalam pelaksanaan Pilkada kita punya sikap “BARANI”” untu menentukan sikap, menolak godaan-godaan tertetu, sehingga kita “BARANI” menjadi independen untuk memilih pemimpin yang menurut kita ideal,” jelas Said.

“BARANI” mengandung empat gabunggan kata. Pertama berbudaya, Sulawesi Barat tidak pernah lepas dari kearifal lokal yang terlah diturungkan nenek moyang. Kedua Aman, ini penting karena Pilkada tidak akan bisa dilaksanakan jika kondisinya tidak aman.

Ketiga ramah, kita ingin melaksanakan pesta demokrasi ini dengan penuh kesejukan, penuh kedamaian, penuh keramahan. Dan terakhir melayani, sejak awal KPU sudah diberi pemahaman untuk senantiasai memberikan pelayanan kepada kedapa masyarakat, stakeholder termasuk peserta pemilu.

“Penyu meruakan binatang yang mampu hidup di darat dan di laut. Bahkan penyu jika meningalkan pantai menuju laut lepas tetap akan kembali untuk bertelur. Betapa banyak rintangan yang dihadapi, namun tetap sabar menjalaninya,”tutur Said.

Ia berharap, pemimpin Sulbar ke depan yang dipilih masyarakat memberikan contoh teladan, sehingga mampu hidup degan berbagai rintangan yang ada, mampu meberikan inovasi, mampu berperan sebagai penyangga IKN dan mampu medatangkan ivestor.

“Kemudain untuk jingle, kita tidak usah menjelaskan, karena akan dinyanyikan langsung oleh seniman kita di Sulbar,” Sambung Said.

Penjabat Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin saat menghadiri acara peluncuran tahapan dan tagline Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulba mengapresiasi acara peluncuran tahapan dan tagline Pilgub Sulbar.

“Keren bangat KPU Sulbar, luar biasa.Menarik dengan penggunaan maskot penyu,” kata Bahtiar Baharuddin saat diwawancarai wartawan usai mengikuti peluncuran.

Hadir dalam acara peluncuran, Anggoota KPU Proviinsi Sulawesi Barat Asriani, Budiman Imran, Elmasnya, Supriadii Narno dan Kabag, Kasubag dan Staf Sekretariat KPU Provinsi Sulawes Barat.

(rls/adm)

Berita Terkait

Mendaftar di PKB Mamuju, Irwan Pababari Juga Ingin Didukung Keluarga Besar NU
PDIP Sulbar Resmi Tutup Pendaftaran Bakal Calon Gubernur, ABM, AIM dan PHS Berebut Rekomendasi
Serius Bertarung di Pilkada Mamuju, Irwan Juga Mendaftar di Gerindra
Mendaftar di Nasdem, Irwan Pababari Ajak Nasdem Berkoalisi Bangun Mamuju
Daftar Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati, Hasanuddin Sailon Lanjutkan Kiprah Juangnya
PAN Sulbar Kompak Dukung Zulkifli Hasan Jadi Ketum 3 Periode
Dapat Tugas Dari DPP Golkar, Asnuddin Sokong Siap Bertarung di Pilkada Majene
Raih 10 Kursi, Golkar Geser Demokrat Dari Posisi Ketua DPRD Sulbar

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 08:08 WIB

DPPKB Mamuju Akan Kembali Gelar Kegiatan Intensifikasi Pelayanan KB, Diikuti 35 Bidan

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:21 WIB

Bupati Mamuju Bersama Kadinkes Pantau Pelaksaan PIN Polio di Posyandu Mawar Putih

Senin, 22 Juli 2024 - 19:34 WIB

Bupati Mamuju Sutinah Kunjungi Posyandu Sekaligus Sosialisasi Pelaksanaan PIN Polio

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:31 WIB

DPPKB Mamuju Lakukan Studi Tiru Pengelolaan SSK di SMP 1 Seyegan Sleman

Jumat, 19 Juli 2024 - 22:04 WIB

DPPKB Mamuju-BKKBN Sulbar Gelar Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 20:40 WIB

Dinas PPKB Mamuju Adakan Kegiatan Intensifikasi Pelayanan KB

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:22 WIB

357 Orang di Mamuju Terjangkit DBD Selama Januari-Juni, Dinkes Galakkan PSN

Jumat, 19 Juli 2024 - 07:14 WIB

Wabup Mateng Amin Jasa, Kukuhkan 54 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

Berita Terbaru