Pertamina Luncurkan UMK Academy, 140 Pelaku Usaha di Sulawesi Siap Naik Kelas

- Jurnalis

Jumat, 7 Juni 2024 - 15:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBARPEDIA.COM,- PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama Rumah BUMN Pertamina di Sulawesi melakukan kick off pelaksanaan kegiatan UMK Academy Pertamina Tahun 2024 skala Regional Sulawesi secara daring pada Kamis, (6/6/24)

Kegiatan UMK Academy ini diadakan dengan tujuan untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil di wilayah Sulawesi yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam memberdayakan ekonomi lokal melalui program yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan tahun ini, sebanyak 140 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi telah berhasil lolos seleksi dan bergabung dalam UMK Academy. Mereka akan mendapatkan pelatihan intensif dan bimbingan langsung dari para ahli di berbagai bidang, termasuk pemasaran, manajemen keuangan, inovasi produk dan teknologi digital.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan tahun ini UMK Academy Pertamina mengusung tagline Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju yang diharapkan Pertamina sebagai penyelenggara mampu memberikan dan menyalurkan energi positif bagi para Pelaku UMK agar UMK bisa semakin maju dan naik kelas.

“Kami sangat antusias meluncurkan UMK Academy Pertamina 2024 di Sulawesi. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk mendorong UMKM di wilayah ini agar dapat naik kelas. Kami berupaya dan berharap melalui program ini, kami dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi para pelaku usaha lokal. Sehingga melalui UMK Academy, para peserta dapat mengembangkan keterampilan mereka, mengakses peluang pasar yang lebih luas, dan menciptakan inovasi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Lebih lanjut Fahrougi mengatakan Program UMK Academy Pertamina pada tahun ini akan diselenggarakan 2 fase yaitu skala Regional dan skala Nasional.

“Kegiatan UMK Academy Pertamina ini nantinya akan hadir dengan berbagai program pelatihan dan pendampingan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku UMK baik untuk Mitra Binaan Pertamina maupun tahun ini juga dibuka untuk umum,” ujarnya.

Dengan pelaksanaan UMK Academy Pertamina 2024 ini menunjukkan komitmen Pertamina untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM dan menjadi mitra yang andal dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan daya saing usaha mereka. Kami juga berharap dapat terus mendukung UMKM di Sulawesi melalui program-program lanjutan yang membantu mereka mencapai kemandirian ekonomi dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nur Fadhillah, pemilik usaha frozen food udang tempura dari Tojo Una Una, menyatakan antusiasmenya dalam mengikuti UMK Academy ini.

“Bergabung dengan UMK Academy Pertamina diharapkan memberikan saya banyak wawasan baru tentang strategi pemasaran digital. Saya berharap dapat mengembangkan usaha saya dan berharap bisa menembus pasar yang lebih besar,” ujarnya.

Senada dengan itu Amir, pengusaha minuman kemasan sari kedelai dari Gorontalo, mengatakan dengan adanya akademi pelatihan seperti ini, pelaku UMK menjadi terbuka ruangnya untuk saling berjejaring dan semangat dalam mengembangkan usahanya.

“Pelatihan dan mentoring adalah yang paling dibutuhkan oleh kami pelaku usaha mikro dan kecil. Terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan ini, saya yakin dan berharap usaha saya akan semakin berkembang,” tuturnya.

(Lal)

 

Berita Terkait

Konsumsi Meningkat, Pertamina Sulawesi Tambah Stok LPG 3 Kg di Sulbar
Air Mata di Mina
Ke Jamarat di Pilar Tiga Batu
Wukuf di Padang Ma’rifah
Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah Bersama Jemaah Haji Kloter 24 Wukuf di Arafah
Pertamina Sulawesi Gelar Pasar Murah di Mamuju, Pastikan Stok LPG 3 Kg Aman Jelang Idul Adha 1445 H
Tanpa Tasreh Card, Tak Bisa Masuk Arafah, Musdalifah, Mina
Inilah Jeddah, Pintu Gerbang Dua Tanah Haram

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 08:08 WIB

DPPKB Mamuju Akan Kembali Gelar Kegiatan Intensifikasi Pelayanan KB, Diikuti 35 Bidan

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:21 WIB

Bupati Mamuju Bersama Kadinkes Pantau Pelaksaan PIN Polio di Posyandu Mawar Putih

Senin, 22 Juli 2024 - 19:34 WIB

Bupati Mamuju Sutinah Kunjungi Posyandu Sekaligus Sosialisasi Pelaksanaan PIN Polio

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:31 WIB

DPPKB Mamuju Lakukan Studi Tiru Pengelolaan SSK di SMP 1 Seyegan Sleman

Jumat, 19 Juli 2024 - 22:04 WIB

DPPKB Mamuju-BKKBN Sulbar Gelar Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 20:40 WIB

Dinas PPKB Mamuju Adakan Kegiatan Intensifikasi Pelayanan KB

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:22 WIB

357 Orang di Mamuju Terjangkit DBD Selama Januari-Juni, Dinkes Galakkan PSN

Jumat, 19 Juli 2024 - 07:14 WIB

Wabup Mateng Amin Jasa, Kukuhkan 54 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

Berita Terbaru