Bertemu Ketum Golkar, JK Dukung Airlangga Solidkan Golkar untuk Menangkan Pemilu

- Jurnalis

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 08:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBARPEDIA.COM,- Senior partai yang juga Ketua Umum Golkar periode 2004-2009, Jusuf Kalla (JK) menyatakan dukungannya terhadap Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memenangkan Pemilu 2024.

Menurut Jusuf Kalla, saat ini Airlangga layaknya jenderal dalam peperangan demokrasi lima tahunan di Indonesia bagi partai berlambang pohon beringin.

JK mengakui di bawah kepemimpinan Airlangga, seluruh struktur Partai Golkar dari pusat hingga ke daerah solid. Soliditas inilah yang menurutnya dibutuhkan Airlangga untuk dapat memenangkan Golkar di pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dibutuhkan soliditas untuk katakanlah bertempur, ini Pak Jenderal (Airlangga), kalau tidak bersatu bagaimana bisa memenangkan pertempuran, iya kan,” tutur JK usai menggelar pertemuan tertutup dengan Airlangga di Darmawangsa Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023).

Selain JK dan Airlangga, dalam pertemuan itu juga dihadiri senior Golkar lainnya, seperti Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Ketua Dewan Etik Golkar Muhamad Hatta, dan Theo Sambuaga. Airlangga juga didampingi Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus dan Iskandar Mandji.

“Daerah solid juga, kalau daerah solid, pengurus solid, ya apalagi itu yang dibutuhkan untuk membuat kekuatan. Dan ini yang dibutuhkan,” ujar JK.

Politikus Golkar yang pernah menjabat wakil presiden dua periode ini menegaskan, pihaknya mendukung Airlangga memimpin Golkar untuk memenangkan Pemilu 2024.

JK mengimbau seluruh pihak tidak mencampuri soal kebijakan teknis yang diberlakukan Airlangga di internal partai untuk meraih kemenangan.

“Kita mendukung partainya, berarti kita mendukung Pak Airlangga, tentunya dalam mengambil kebijakan. Itu intinya. Kita tidak mencampuri kebijakan teknis yang diberlakukan di partai. Kita mau partai bersatu,” tegas Jusuf Kalla.

Politikus senior Golkar itu berpesan soliditas para ketua umum yang hadir dalam pertemuan yang digelar menjadi dorongan moral untuk struktur Partai Golkar di seluruh wilayah Indonesia.

Ia menuturkan, pertemuan yang digelar dengan acara makan malam santai ini diharapkan bisa menyatukan seluruh kader untuk kemenangan partai nomor urut 4 ini di Pemilu 2024.

“Ini penting untuk mendorong moral struktural, untuk kesatuan kita. Bahwa nanti apa yang jadi kebijakan oleh pengurus atau Golkar itu tentu kita serahkan seperti apa yang diamanatkan oleh Munas atau Rakernas,” tegas JK.

Sementara, Airlangga menuturkan pertemuan dirinya dengan JK merupakan undangan dari senior ke pada junior di Partai Golkar.

Airlangga mengaku sudah menyampaikan perkembangan kondisi terkini di Partai Golkar, bahwa saat ini partai sangat solid untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Tentu tadi dari senior Partai Golkar, dari Pak JK, Pak Aburizal Bakrie, Pak Agung (Laksono), Pak Theo (Sambuaga), Pak Hatta, tentu berharap bahwa partai ini solid. Tidak ada yang mengganggu Partai Golkar, karena sebagai partai nomor dua terbesar di Indonesia ini mewakili institusi politik dan institusi demokrasi,” tutur Airlangga.

“Jadi tentu konstitusi Partai Golkar terus diminta untuk terus dijaga dan juga jangan ada pihak-pihak luar yang mengganggu soliditas Partai Golkar,” tegas Airlangga.

Kepada JK, Airlangga menyampaikan target perolehan kursi DPR pada Pemilu 2024 yakni, 116 hingga 120 atau setara 20 persen kursi parlemen Senayan.

“Dan juga saya menyampaikan khusus untuk pilpres Partai Golkar dan seluruh DPD dan DPP mengamanatkan untuk menjaga keputusan munas, rapimnas, dan rakernas, termasuk kemarin dalam pertemuan di Bali,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

(Lal)

Berita Terkait

Kunci 1 Kursi DPR RI, Suara PDIP di Sulbar Tembus 127 Ribu, Agus Ambo Djiwa Melanggeng ke Senayan
PDIP Sulbar Klaim Perolehan Kursi DPRD di 3 Kabupaten Meningkat
Caleg DPR RI dari PDIP Kembali Dirugikan di Polman, Suara di TPS 2 Puccadi Berkurang
ORI Sulbar Besutan Asisten Prabowo Bersyukur Prabowo-Gibran Menang di Bumi Malaqbi
PDIP Sulbar Komplain, Ada Kesalahan Penginputan Suara Caleg DPR RI di TPS Mamasa dan Polman
Ketum Golkar Airlangga Bidik 60 Persen Suara untuk Pilpres di Sulbar
Caleg DPR RI Ibnu Munzir Komitmen Bangun Sulbar Jika Kembali Melenggang ke Senayan
Mengenal Lathief Syukriel, Dai Milenial Lulusan Ponpes Jakarta Maju Caleg DPRD Sulbar

Berita Terkait

Sabtu, 2 Maret 2024 - 22:46 WIB

Daftar 9 Lokasi Orientasi TPK di Mamuju: Berawal di Kecamatan Tommo, Terakhir di Kalumpang

Sabtu, 2 Maret 2024 - 21:37 WIB

Dinas P2KB Mamuju Turut Serta Fasilitasi Kegiatan Orientasi TPK di Tiap Kecamatan

Sabtu, 2 Maret 2024 - 14:35 WIB

Polda Sulbar Gelar Operasi Keselamatan Marano 4-17 Maret, Sasar Pelanggar Lalu Lintas

Sabtu, 2 Maret 2024 - 14:24 WIB

PJ Gubernur Sulbar Hadiri Pengukuhan Sekprov Idris Sebagai Tomakaka Adaq Tuho Ulumanda

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:59 WIB

Pj Gubernur Sulbar Rakor Bersama Bupati untuk Tekan Inflasi Jelang Ramadan

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:30 WIB

Sekprov Tinjau Finalisasi Pembangunan Kantor Gubernur Sulbar

Minggu, 25 Februari 2024 - 20:34 WIB

Hadiri Pelantikan ASLI Sulbar, Ini Pesan Bupati Mamuju Sutinah Suhardi

Minggu, 25 Februari 2024 - 20:27 WIB

Pengurus DPW ASLI Sulbar 2023-2027 Resmi Dilantik

Berita Terbaru