by

Hut Mateng Ke-8, Amin Jasa : Mateng Adalah Miniatur Indonesia Mini

MATENG,Sulbarpedia – Peringatan HUT Kabupaten Mamuju Tengah ke 8 tanggal 14 Desember 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini, peringatan HUT Mamuju Tengah dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum juga hilang.

Meski dirayakan dengan sangat sederhana, namun tidak mengurangi semangat dan hidmat dari gelaran peringatan hari bersejarah itu.

“Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk sejenak merenung, karena inilah saat yang tepat merefleksi peran serta kita terhadap pembangunan di Bumi Lalla Tasisara ini. Refleksi tersebut menjadi tolak ukur kita untuk menentukan sikap kedepan yang lebih baik,” kata Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa dalam sambutanya.

Amin Jasa sampaikan, keberhasilan pembangunan Kabupaten Mamuju Tengah dapat dilihat dari capaian indikator makro ekonomi sosial daerah. Untuk tahun 2019 angka kemiskinan berhasil ditekan dari 7,14 persen menjadi 6,87 persen. PDRB perkapita berhasil dinaikkan dari Rp 22,71 juta menjadi 23,54 juta, usia harapan hidup dari 67,79 naik menjadi 68,06 tahun, IPM terus mengalami kenaikan dari 64,43 naik menjadi 65,10, tingkat penganngguran terbuka rendah yaitu 2,67 persen dimana angkatan kerja 69,59 persen.

Selain itu, Amin juga menuturkan Mamuju Tengah adalah miniatur indonesia mini. Dimana hampir semua suku adat budaya ada di Mamuju Tengah. Meskipun beragam suku adat, agama, budaya, namun masyarakat Mamuju Tengah bisa hidup rukun dan saling menghormati satu sama lain. Inilah menjadi tantangan bagi kita semua untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Berkaitan dengan hal itu, saya memohon kepada seluruh masyarakat Mamuju Tengah untuk senantiasa menghargai keberagaman yang ada. Marilah kita jaga komitmen, sinergi, keterpaduan dan saling menjaga keharmonisan hubungan demi terwujudnya kemandirian daerah dalam bingkai Lalla Tasisara melalui gerakan bersama membangun Mamuju Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditahun 2021,” ucapnya.

Untuk diketahui, peringatan HUT Mamuju Tengah ke 8 berlangsung di aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, yang dihadiri oleh Bupati Mateng, H. Aras Tammauni, Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Sekkab Mateng, H. Askary, Ketua DPRD Mateng, H. Arsal Aras, anggota DPRD Mateng, Kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, Pimpinan Perusahaan dan pimpinan perbangkan se Kabupaten Mateng. (Iiz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed