by

Polres Mateng Gelar Simulasi Tactical Floor Game

MATENG,Sulbarpedia – Menjelang pengamanan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah periode 2020 – 2025, Kepolisian Resort Mamuju Tengah (Mateng) menggelar Pelatihan Pra operasi dengan sandi Operasi Mantap Praja Siamasei 2020.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan untuk mengawal, mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi yang kondusif kedepannya. Guna persiapan Menghadapi pilkada serentak 2020 Polres Mateng juga melakukan pelatihan Tactical Floor Game (TFG) dalam menghadapi kontijensi yang tidak di duga-duga jika terjadi di Kab Mamuju Tengah.

Pelatihan TFG dalam rangka menghadapi pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Mateng di Aula Wira Kertiyasa Polres Mamuju Tengah yang di hadiri Kapolres, Waka Polres, Kabag Ops, Danramil Budong-budong, Para PJU dan Babinsa. Kamis (03/09/2020).

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Daud. TB menjelaskan terkait tata cara dan tehnik pengamanan melalui sketsa miniatur renpam Tactical Floor Game dengan tujuan seluruh personil lebih mudah mengerti dan mengetahui posisinya saat melaksanakan tugas dilapangan.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pelatihan Latpraops merupakan simulasi upaya penanganan konflik sosial yang akan di hadapi selama pilkada serentak 2020 di wilayah hukum Polres Mateng Polda Sulawesi Barat.

“TFG merupakan sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai dengan tujuannya mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personel baik pada saat aman maupun situasi kontijensi” ujarnya.

Dilaksanakannya pelatihan TFG ini agar personel dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan perannya masing-masing dalam penanganan situasi di masa pandemi Covid-19.

Kapolres Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zakiy, SH, M.Si menjelaskan kegiatan TFG ini untuk mengantisipasi adanya hal – hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat adanya unjuk rasa pada Pilkada tahun 2020 ini.

Selain itu, kegiatan Ini juga dilaksanakan agar personel Polres Mateng melaksanakan tugas pengamanan tidak salah dalam menempatkan diri, baik itu yang melaksanakan pengamanan terbuka ataupun yang melaksanakan pengamanan tertutup, ucap Kapolres.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed