Kepala BI Sulbar Lecehkan Jurnalis, IJS Desak Dadal di Copot

- Jurnalis

Senin, 23 April 2018 - 12:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MAMUJU, – Keterangan kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar, Dadal Angkoro melalui grup WhatsApp (WA) menuai reaksi dari beberapa wartawan di Mamuju.

Betapa tidak, pimpinan BI Sulbar itu menulis komentar di grup BI dengan bahasa yang kurang etis. Komentar Dadal berinteraksi telah melecehkan profesi wartawan karena dianggap menyudutkan wartawan, khususnya wartawan media online.

“Ya menurut pendapat pribadi saya, berita online kemarin menunjukkan bhw hanya copy paste, tdk periksa dan periksa ulang, berikan adu domba dan di belakangnya ada minat (salah niat buat berita), tdk paham masalah, dan yg menarik adalah tdk ada etika dgn spam WA saya, ”Dadal Angkoro memasukkan dalam groub tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemudian di paragraf selanjutnya, Dadal juga menukiskan komentarnya agar wartawan online harus memperdalam ilmu kejurnalisannya dan tidak hanya menyadur berita orang lain sebagai bahan beritanya.

“Jadi bang bang benar Sarman (Pimpinan Trastipo.con) menguji kompetensi utk memperdalam kode etikjurnalistik dan melahirkan karya pers dgn standarjurnalistik. Sebagian besar pelaku media online berpikir bhw dgn copy paste dan online sdh jadi wartawan, ”sambung Dadal dalam tulisanya.

Merespon hal itu, Ketua Dewan Kehormatan Ikantan Jurnalis Sulbar (IJS), Ashari Rauf, membaca teks Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulbar, melukai perasaan beberapa wartawan.

Apa yang dilakukan oleh ayah dan anak-anak? Mantan acara PErgerakan Mahasiswa Islam (PMII) itu pun mengecam komentar yang menunjuk menyudutkan pimpinan.

“Saya minta agar (Pak Dadal) menyebut nama media online yang menjadi penyebar berita hoax dan yang suka Copy Paste,” kata Ashari.

Dia Gelar agar Dadal bisa bijak dalam bertindak layaknya pejabat publik yang membawa nama besar BI di Sulbar, dan tidak membuat resistensi dengan wartawan dari media apapun, sempurna media Online.

“Selama ini saya melihat banyak media online untuk pembangunan di Sulbar. Selama ini, media online banyak memberitakan kegiatan-kegiatan BI Sulbar. Saya prihatin, tak elok selaku kepala BI Sulbar berkomentaredi di Grup WA. Ini sama saja melukai hati sebagian wartawan, layak dari media online, ”jelas Ashari.

Ashari juga menilai, tidak ada media yang suka Copy Paste. Meskipun ada, tambah dia, itu adalah yang sering dikeluarkan dari berbagai instansi. Berita yang bersumber dari instansi tertentu, lanjutnya, tentu saja juga mendatangkan kerugian positif bagi penbangunan daerah.

“Kalau misalnya, saya perlu untuk menggunakan nama media online yang sering Copy Paste dan penyebar Hoax. Selaku wartawan, saya secara pribadi tidak suka dengan komentar dan tanggapan yang kurang etis dari pimpinan lembaga perbankan di Sulbar ini, ”tuturnya.

Sekadar Terpopuler, berita ini mencuat menjadi beberapa media online memberitakan pihak-pihak yang ingin membedakan dalam satu acara yang di gelar BI. Dalam acara itu hanya wartawan yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diundang. Dadal kemudian melahirkan berita tersebut dan rileks bernada emosianal.

Beberapa organisasi laporan juga dengan pernyataan orang-orang nomor satu di BI Sulbar ini. Mereka akan melakukan protes dengan menggelar demo dan melaporkan Dadal ke pihak Kepolisan Lokal.

 

(As / Lal)

 

Berita Terkait

BPS Sulbar Gelar Media Gathering di Mamuju, Bincang Penguatan-Pemahaman Data Statistik
Terima Kunjungan Direksi PT.Astra, Prof Zudan Komitmen Perkuat Iklim Investasi
5 Tips Berjualan Online di Marketplace agar Laris Manis untuk Pemula
Wujudkan Ketahanan Pangan, PT.Suryaraya Lestari 1 Bagikan Bibit Sayur di Desa Taranggi
UMKM Harapan Sukses Desa Dapurang Ikuti Program UMKM Bisa Astra Internasional di Jakarta
Sulbar Kembali Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang, Nilainya Capai 17 Miliar
Hipmi Sulbar Gelar Rakerda dan Diklatda, Dukung Sulbar Jadi Penopang IKN
Gelar Pertemuan, Hipmi Mamuju dan Prusda Sulbar Siap Berkalaborasi

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:40 WIB

DPPKB Mamuju Sukses Gelar Ajang Pemilihan Duta Genre 2024, Ini Pemenangnya

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:27 WIB

DPPKB Mamuju Tuntaskan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Gelombang Pertama

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:02 WIB

Dinkes Catat 271 Calon Jemaah Haji Mamuju Sudah Divaksin Meningitis

Kamis, 16 Mei 2024 - 21:16 WIB

Dinkes Sulbar Terima Kunjungan BPJS Kesehatan untuk Perkuat Sinergi dan Koordinasi

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:49 WIB

Dinas PPKB Mamuju Beri Pembekalan 20 Finalis Duta Genre, Ada Pelajar dan Mahasiswa

Rabu, 15 Mei 2024 - 16:32 WIB

DPPKB Mamuju Ungkap Distribusi Alokon di 34 Faskes Capai 45% Selama Januari-Mei 2024

Rabu, 15 Mei 2024 - 12:13 WIB

Dinkes Mamuju Gelar Rakor dan Evaluasi 12 Indikator SPM Bidang Kesehatan

Rabu, 15 Mei 2024 - 07:53 WIB

Dinkes Evaluasi Disiplin Kerja Nakes Puskesmas Tapalang Pasca Sidak Bupati Mamuju

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Arsal Aras Hadiri Milad ke-10 HPPM Mateng Palu

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:43 WIB