LSM Jari Manis Akan Kaji Dan Diskusikan RPJMD Sulbar

- Jurnalis

Kamis, 11 Januari 2018 - 09:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MAMUJU,SULBARPEDIA.COM – LSM Jaringan Masyarakat Non Partisan (Jari Manis) Provinsi Sulawesi Barat, beberapa waktu lalu telah menerima Peraturan Daerah (Perda) nomor 08 tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulbar.

RPJMD itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Ismail Zainuddin kepada Ketua LSM Jari Manis Sulbar, Ashari Rauf.

“Yah, saya sendiri yang menerimanya, Saat itu saya buat diskusi akhir tahun yang dihadiri langsung oleh Pak Sekda, kemudian dihadiri sedikitnya 70 orang kalangan muda dari berbagai organisasi kepemudaan, LSM, wartawan dan mahasiswa,” kata Ashari Rauf, Kamis (11/1/18).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, RPJMD Sulbar tahun 2017-2022 ini penting untuk dianakisa lebih dalam,l dan didiskusikan oleh kalangan aktifis. Tujuannya, untuk mengetahui kondisi pembangunan dan arah kebijakan pemerintah Provinsi Sulbar lima tahun ke depan.

“Saya bersama teman-teman sudah mulai membuka dan mempelajari seperti apa isi dari RPJMD Sulbar ini. Tentu, kita akan berupaya memahami isinya dan ini menjadi langkah awal untuk mengetahui kondisi pembangunan Sulbar agar kita bisa kawal secara bersama, sekaligus membantu pemerintah dalam hal pembangunan,” ucapnya.

Ashari menyebut, ada banyak hal yang bisa dianalisa dari draf RPJMD tersebut. Misalnya terkait gambaran umum kondisi daerah yang meliputi aspek geografi dan demografi, aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum dan aspek pelayanan daerah.

Lalu, tambah dia, persoalan gambaran keuangan daerah yang didalamnya dapat dilihat dari perspektif kinerja keuangan masa lalu, kebijakan pengelolaan keuangan masa lalu dan kerangka pendanaan tahun 2017-2022.

“Tentu yang kita cermati adalah evaluasi kinerja pelaksanaan APBD setiap tahunnya, neraca daerah, proporsi penggunaan anggaran, analisis pembiayaan, proyeksi pendapatan dan belanja, kemudian perhitungan kerangka pendanaan. Hal inilah yang harus kita ketahui secara proporsional,” urainya.

Hal lain, sambung kader muda Nahdlatul Ulama (NU) ini, adalah permasalahan dan isu-isu strategis daerah. Hal itu juga penting, untuk menganalisa sejauh mana pemerintah provinsi dalam melakukan pemetaan terhadap semua persoalan dari semua aspek pembangunan.

“Kita bisa melihat dan menganalisa apa sesungguhnya hal mendasar yang menjadi soal dan permasalahan di tengah-tengah masyarakat kita. Isu-isu strategis apa yang harus diolah sedimikian rupa, dan seperti apa strategi serta arah kebijakan program pembangunan daerah kita. Semua ada dalam RPJMD itu,” katanya.

“Oleh sebab itu, kita akan bedah dan diskusikan. Semua digambarkan dalam RPJMD itu, dan data di dalamnya sangatlah lengkap, mulai dari aspek ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, olahraga dan sebagainya,” tambahnya.

Karena itu, Ashari berharap, kepada kaum muda dan para aktifis agar ikut menganalisasi dan membedah RPJMD Sulbar lima tahun kedepan. Termasuk, semua elemen dapat mengawal dan mengawasi seluruh anggaran, baik APBD Pokok maupun APBD perubahan dari tahun 2018 hingga 2022 mendatang.

“APBD Sulbar untuk tahun ini saja itu sudah 1,8 Triliun lebih. Ini harus kita awasi secara bersama-sama. Kita juga penting mengingatkan pemerintah agar arah kebijakannya sesuai visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar, sesuai dengan janji-janji politiknya kepada masyarakat Sulbar,” terang Ashari.

(Rls/Lal)

Berita Terkait

Helmi Yahya dan Ketua DPRD Sulbar Bincang Mala’biq di TVRI Sulbar
Rahmat Abdullah Kader Senior Partai Golkar Sulbar Meninggal
Ini Biodata Lengkap Dirut PT.Impian Sulbar LALU ARTANA
Hamzah Pimpin Bamus DPRD Sulbar Berkunjung ke DPRD Gowa
HUT Bayangkara ke-73,  Biddokkes Polda Sulbar Gelar Operasi Bibir Sumbing
Bupati Mamuju Pastikan Benahi Jalan di Tapalang Barat
Untuk Ke-Tiga Kalinya, Pemkab Pasangkayu Raih WTP 
Jurnalis Kultum di Acara Bukber Gubernur

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:45 WIB

Polisi Tangkap Pengedar Uang Palsu di Mamuju, Upal Rp 37,5 Juta Disita

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Pria di Lariang Pasangkayu Aniaya hingga Ludahi Wanita Ditangkap

Rabu, 15 Mei 2024 - 08:11 WIB

Polisi Gerebek Judi Sabung Ayam di Tommo Mamuju

Selasa, 14 Mei 2024 - 16:40 WIB

Maling Bobol Rumah Warga di Kalukku Mamuju, 23 Karung Gabah Raib Dicuri

Senin, 13 Mei 2024 - 08:04 WIB

Pria di Mamuju Perkosa Anak Tiri di Bawah Umur dan Rekam Aksi Bejatnya Ditangkap

Jumat, 10 Mei 2024 - 07:05 WIB

Remaja di Papalang Tikam Teman Sekolah 28 Kali Pakai Badik hingga Tewas, Pelaku Ditangkap!

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:43 WIB

Oknum Kades di Mamuju Ditahan Usai Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa Rp 177 Juta

Senin, 6 Mei 2024 - 11:28 WIB

Remaja di Mamuju Tikam Pria Pakai Badik gegara Kakinya Diinjak, Pelaku Ditangkap

Berita Terbaru