Arwan Aras Salurkan Bantuan PIP Ke 58.073 Siswa di Sulbar

- Jurnalis

Jumat, 7 Juli 2023 - 13:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MATENG,SULBARPEDIA.Com – Anggota Komisi X DPR RI H. Arwan M Aras T, S.Kom kembali menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) berupa beasiswa kepada 58.073 siswa di Sulawesi Barat untuk tahun 2023. Secara serentak penyaluran beasiswa tersebut dilakukan di 6 (enam) Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat. Adapun jumlah sekolah yang dijangkau oleh bantuan beasiswa PIP Aspirasi tersebut mencapai 886 sekolah tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan PKBM baik sekolah negeri maupun swasta.

Beasiswa PIP Aspirasi Arwan Aras tahun ini yang mencapai 58.073 siswa terdiri atas dua kategori, yaitu SK Pemberian dan SK Nominasi. SK Pemberian yang berjumlah 29.294 siswa diperuntukkan bagi siswa yang sudah memiliki buku rekening beasiswa PIP sedangkan SK Nominasi yang berjumlah 28.824 siswa diperuntukkan bagi siswa yang belum memiliki buku rekening atau belum pernah mendapatkan beasiswa PIP sebelumnya.

Arwan Aras meluncurkan Sertifikat Beasiswa PIP 2023 untuk seluruh siswa yang diusulkan melalui aspirasinya yang berisi informasi tentang Nama Siswa, NISN, Nama Sekolah, Kecamatan, Nama Orang Tua, Nominal Bantuan, Virtual Account, Nomor Rekening, dan SK Penerima PIP dari Kemendikbudristek RI. Data-data tersebut yang menjadi bukti bahwa siswa yang bersangkutan memperoleh beasiswa PIP Jalur Aspirasi dan selanjutnya dapat melaporkan kepada pihak sekolah masing-masing untuk dibuatkan surat pengantar (surat rekomendasi) pencairan beasiswa PIP ke Bank Penyalur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bantuan beasiswa PIP Jalur Aspirasi tahun 2023 langsung diterima siswa melalui rekening masing-masing. Adapun nilai bantuan untuk jenjang SD sebesar Rp. 450 ribu, SMP Rp. 750 ribu, dan SMA/SMK Rp. 1 juta. Sedangkan untuk kelas akhir yaitu kelas 6 SD, Kelas 3 SMP, dan Kelas XII SMA/SMK masing-masing hanya menerima 50% dari bantuan beasiswa PIP tersebut sebab terhitung di bulan Juni 2023, mereka sudah tamat sekolah.

Di Kabupaten Mamuju Tengah, penyaluran beasiswa PIP Jalur Aspirasi juga sudah mulai dilaksanakan serentak di 5 Kecamatan. Adapun total siswa di Mamuju Tengah yang mendapatkan beasiswa PIP Aspirasi Arwan Aras ini adalah 20.398 siswa, baik jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan PKBM.

Penyaluran beasiswa PIP Jalur Aspirasi ini mendapat respon dan tanggapan positif dari Pemerintah Daerah, Pihak sekolah, dan terutama Orang Tua Siswa. Salah satu orang tua siswa Musdalifa dari Desa Karossa, Kecamatan Karossa yang anaknya mendapat bantuan PIP ini di SMAN 1 Karossa merasa bersyukur dan terbantu dengan adanya beasiswa ini.

“Sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak H. Arwan Aras atas beasiswa PIP kepada anak saya Suci Dwiyanti yang bersekolah di SMAN 1 Karossa. Kami bersyukur dan sangat terbatu dengan program ini. Anak saya mendapatkan beasiswa Rp. 1 juta. Semoga Bapak selalu di berikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas. Beasiswa PIP ini bagi kami sangat bermanfaat karena meringankan biaya kebutuhan sekolah anak kami,” ujar Musdalifa.

Sementara di Desa Pangale, Kec. Pangale, St Asma salah satu orang tua siswa mengungkapkan rasa terima kasih dan berharap program ini terus berlanjut.

“Alhamdulillah, anak saya Muh. Fadli kelas akhir, kelas XII di SMKS Juan Pattaro Pura Pangale mendapat bantuan PIP sebesar Rp. 500 ribu. Harapan kami semoga bantuan beasiswa seperti ini dapat terus berlanjut sampai dengan jenjang Perkuliahan, sehingga anak kami juga bisa kuliah dan melanjutkan pendidikan,” harap St. Asma.

Amiruddin salah satu orang tua murid yang menerima bantuan PIP bersyukur, sebab bantuan tersebut dapat membantu dirinya dalam memenuhi kebutuhan anaknya.

“Beasiswa PIP sangat bermanfaat karena bisa membantu membeli seragam sekolah bagi siswa yang kurang mampu. Selain itu, program ini juga memberikan semangat belajar di sekolah supaya siswa yang kurang mampu tidak putus sekolah dan dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi,” jelas Amiruddin.

Asmaria, orang tua dari Alia Magfira siswa kelas VII di SMPN 2 Pangale yang berdomisili di Kombiling, Kecamatan Pangale mengungkapkan dirinya sangat terbatu dengan beasiswa ini sangat berharap dapat terus berlanjut ke depannya.

“Anak saya Alia Magfira, kelas VII akan naik kelas VIII di SMPN 2 Pangale, tahun ini mendapat beasiswa PIP ini sebesar Rp. 750 ribu. Ini sangat membantu saya dalam mencukupi biaya pendidikan anak saya.

Agus Misyanto, orang tua dari Lely, siswa kelas VIII di SMPN 2 Pangale, yang memperoleh beasiswa PIP Aspirasi dalam kategori SK Pemberian senilai Rp. 750 ribu berharap perjuangan Bapak Arwan Aras untuk peningkatan kualitas pendidikan dapat terus berlanjut karena manfaatnya langsung dirasakan oleh kami masyarakat.

“PIP ini sangat membantu kepada siswa, dan terutama kepada saya selaku orang tua. Semoga Bapak H. Arwan Aras diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam karirnya, dan semoga yang Bapak perjuangkan dalam dunia pendidikan seperti PIP ini dapat terus berlanjut,” ucap Agus Misyanto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah, menyatakan bahwa Busdir mengapresiasi bantuan PIP yang disalurkan oleh anggota DPR RI dapil Sulbar itu.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak H. Arwan Aras, Anggota Komisi X DPR RI, yang juga merupakan salah satu putera terbaik Mamuju Tengah yang berkiprah di tingkat nasional, atas kepedulian dan perhatiannya untuk pendidikan masyarakat kurang mampu di Mamuju Tengah,” jelasnya.

Menurut Kadis Pendidikan, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai kepada siswa untuk perluasan akses dan kesempatan memperoleh pendidikan dari pemerintah pusat, melalui Kemendikbudristek RI yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan mereka.

Bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) memberi kepastian kepada anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan jika memenuhi syarat yang telah ditentukan. Biasanya melalui jalur reguler, kuota beasiswa PIP yang diterima oleh Pemda sangatlah terbatas, sehingga dengan adanya dukungan PIP Jalur Aspirasi tahun 2023 dari Bapak H. Arwan Aras di Mamuju Tengah, telah menjangkau seluruh sekolah yang ada di wilayah ini.

“Melalui program PIP Aspirasi H. Arwan Aras ini, pemerintah daerah sangat merespon dan berterima kasih, semoga beasiswa PIP ini dapat mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. Sehingga selain dari kuantitasnya yang banyak, kualitas dari PIP ini juga dapat tepat sasaran di Mamuju Tengah. Di Mamuju Tengah, ada sekitar 188 Sekolah dan 20.398 siswa yang menerima Beasiswa PIP Aspirasi Bapak Arwan Aras,” ungkapnya. (Lis/adm)

Berita Terkait

KPU Mamuju Tengah Musnahkan 7.677 Surat Suara Rusak
Kenali Cara Memilih yang Benar Pada Pemilu 14 Februari Tahun 2024
Kelompok Tani Bersyukur Upah Dibayarkan Koperasi Usai Pemkab Turun Tangan
Kelompok Tani dan Usaha Koperasi Berhasil Dimediasi Oleh Pemerintah Soal Pembayaran Upah Petani
Hadiri Pengukuhan DPC APDESI Mateng, Askary Minta Kades Ciptakan Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
Turunkan Laka Lantas di Mateng, AKP.Maulana: Kita Turun Sosialisasi dan Tindak Tegas Kendaraan Odol
Kasus Narkoba Meningkat Faktor Perputaran Ekonomi yang Bagus dan Pergaulan
Kapolres Mateng Tegaskan Malam Pergantian Tahun Tanpak Konpoi dan Petasan

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:55 WIB

PDIP Sulbar Klaim Perolehan Kursi DPRD di 3 Kabupaten Meningkat

Minggu, 18 Februari 2024 - 08:41 WIB

ORI Sulbar Besutan Asisten Prabowo Bersyukur Prabowo-Gibran Menang di Bumi Malaqbi

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:39 WIB

PDIP Sulbar Komplain, Ada Kesalahan Penginputan Suara Caleg DPR RI di TPS Mamasa dan Polman

Jumat, 2 Februari 2024 - 17:44 WIB

Ketum Golkar Airlangga Bidik 60 Persen Suara untuk Pilpres di Sulbar

Jumat, 2 Februari 2024 - 12:20 WIB

Caleg DPR RI Ibnu Munzir Komitmen Bangun Sulbar Jika Kembali Melenggang ke Senayan

Jumat, 2 Februari 2024 - 06:24 WIB

Mengenal Lathief Syukriel, Dai Milenial Lulusan Ponpes Jakarta Maju Caleg DPRD Sulbar

Kamis, 1 Februari 2024 - 19:34 WIB

Besok Airlangga Akan Hadiri Konsolidasi Pemenangan Pemilu Partai Golkar Sulbar, Caleg Wajib Hadir

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:14 WIB

TPK Ganjar-Mahfud Mamuju Instruksikan Caleg dan Relawan Sosialisasikan KTP Sakti

Berita Terbaru