by

Bawaslu Sulbar Akan Kawal Verifikasi Faktual Parpol

MAMUJU,SULBARPEDIA.COM-Pimpinan Bawaslu Sulbar berkomitmen mengawal proses faktualisasi Partai politik calon peserta pemilu 2019. Hal itu dilakukan agar hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPUD dapat benar-benar aktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menegaskan pihaknya akan melakukan pengawasan intensif terhadap verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2019 yang akan dilaksanakan bulan ini.

“Kita akan terlibat dalam verifikasi faktual yang nanti akan dilakukan KPU, kalau perlu kita akan turun ke kecamatan,”kata Sulfan Sulo pada acara fasilitasi tahapan pengawasan Pileg dan Pilpres dan persiapan pengawasan verifikasi faktual Parpol calon perserta pemilu 2019 di Hotel Tamborang Mamuju, Rabu 13/12/17.

Pimpinan Bawaslu Sulbar Sukriadi Narno mengatakan KPU dan Bawaslu sama-sama merupakan penyelenggara pemilu, agar tugas dan fungsinya dapat berjalan dengan baik maka perlu kordinasi dan komonikasi yang baik.

” Saya kira kordinasi dan komonikasi kita dengan KPU Sulbar sudah cukup baik, ini perlu dipertahankan bahkan kalau perlu di tingkatkan, kita berharap KPU Sulbar juga lebih terbuka kepada kami.”Kata Sukriadi.

Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah menegaskan pihaknya dan jajarannya siap terbuka mengenai dana yang dibutuhkan Bawaslu dan jajarannya.

“Kami terbuka, ego sektoral harus dibuang jauh-jauh, komonikasi dan kordinasi antara KPU dan Bawaslu harus baik. Ini supaya tidak saling mencurigai,”kata Usman

Kordinasi antar lembaga itu penting kata Usman agar persepsi mengenai aturan teknis tidak multi tafsir, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing lembaga dapat berjalan dengan baik.

“menyamakan persepsi soal aturan teknis itu penting,sehingga kordinasi berkelanjutan harus sering-sering kita lakukan, kalau perlu kita ngopi di caffe sama-sama.”Paparnya.

Acara fasilitasi tahapan pengawasan Pileg dan Pilpres dan persiapan pengawasan verifikasi faktual Parpol calon perserta pemilu 2019 di Hotel Berkah Mamuju di hadiri anggota Panwas sekabupaten di Sulbar dan anggota KPU kabupaten se-sulbar. Hadir pula pada kesempatan itu mantan ketua Bawaslu Sulbar sebagai pembicara Busran Riandy.

(*/Lal)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed