Dinas Pariwisata dan Kodim 1418 Mamuju Akan Transplantasi 1 Hektar Trumbu Karang Bawah Laut Karampuang

- Jurnalis

Minggu, 21 Januari 2024 - 18:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBARPEDIA.COM,- Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf M. Imasfy, S.E bersama Kadis Pariwisata Kabupaten Mamuju Ariady Ihsan, ST melakukan survei ekosistem bawah laut disekitar Pulau Karampuang, (Minggu 21/01/24).

Dari hasil survey tersebut, ditemukan terumbu karang seluas 1 hektar yang sudah mati dan rusak sehingga memerlukan perhatian serius seperti transplantasi atau peremajaan.

Pulau Karampuang saat ini gencar dipromosikan dan telah dilirik oleh wisatawan nasional bahkan wisatawan manca negara sehingga perlu perhatian yang serius dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju dan Kodim 1418 Mamuju serta Komunitas Kandora Dive Center Mamuju berencana melakukan transplantasi sebanyak 1.000 anak terumbu karang di area yang telah rusak dikawasan bawah laut pulau Karampuang Mamuju.

Kolonel Inf M. Imasfy, S.E., Dandim 1418/Mamuju, menyampaikan harapannya terkait rencana konservasi ini. Ia berharap dengan transplantasi ini terumbu karang di Pulau Karampuang semakin subur dan berkembang sehingga menjadi destinasi wisata unggulan di kabupaten Mamuju.

“Rencana kerjasama antara Kodim 1418/Mamuju, Dinas Pariwisata, dan Komunitas Kandora Dive Center Mamuju menunjukkan sinergi positif antara unsur TNI AD, pemerintah, dan komunitas dalam menjaga keberlanjutan ekosistem laut. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Mamuju sambil menjaga keberlanjutan lingkungan bawah laut,” jelasnya.

Foto; Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf M. Imasfy, S.E bersama Kadis Pariwisata Kabupaten Mamuju Ariady Ihsan, ST melakukan survei ekosistem bawah laut disekitar Pulau Karampuang Mamuju.

Tak lepas dari hal tersebut, Dandim 1418/Mamuju mengatakan hal ini sesuai dari perintah Kasad Pangdam XIV/Hsn dan Danrem 142/Tatag untuk senantiasa menyatu dengan alam demi kejayaan NKRI. Prajurit Kodim 1418/Mamuju akan melaksanakan tranplantasi terumbu karang yang merupakan sasaran tambahan pada TMMD ke-119 TA 2024 yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Desa Karampuang Kab. Mamuju

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Mamuju Ariady Ihsan mengapresiasi pihak Kodim 1418 Mamuju yang akan melakukan transplantasi terhadap trumbu karang bawah laut Pulau Karampuang Mamuju.

“transplantasi terumbu karang ini merupakan kegiatan tambahan pada program TMMD Kodim 1418 Mamuju, kami dari pemerintah Daerah khusunya Dinas Pariwisata sangat berterima kasih atas kepedulian dari TNI terhadap upaya peremajaan terumbu karang, untuk itu kami berkewajiban mendukung program ini karena lokasi tranplantasi berada pada kawasan Destinasi Wisata,”terang Ariady Iksan.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap hal itu, pihak Dinas Pariwisata Mamuju akan menyediakan media transplantasi dan bibit karang, sementara pada proses penanaman dan pemasangannya nanti akan dilakukan bersama2 dengan TNI, masyarakat dan teman-teman dari komunitas selam dari Kandora Dive Center.

“Luasan total yang akan ditanami kurang lebih 1 Ha, sesuai dengan yang diprogramkan pada TMMD. Semoga kegiatan ini kedepannya bisa memberi manfaat pada perbaikan ekosistem terumbu karang yang ada di Pulau Karampuang.”tutupnya.

(Lis/Lal)

 

Berita Terkait

Dinkes Mamuju Bakal Jalankan Program Integrasi Layanan Primer di Tiap Posyandu
Dinkes Mamuju Sebut PMT Lokal Efektif untuk Perbaikan Gizi Balita dan Ibu Hamil
HMI Mamuju Minta KPU Lebih Responsif Tindaklanjuti Keluhan Peserta Pemilu
Manakarra Jogging Club Gelar Jogging Bersama Keliling Kota Mamuju
Ada 99 Kasus DBD Selama Januari, Dinkes Mamuju Lakukan Fogging-Beri Vaksin
Gandeng DLHK Mamuju, Komunitas Manakarra Jogging Club Bersihkan Stadion
Bupati Mamuju Pastikan Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur Jadi Prioritas Pembangunan
Dinkes Mamuju Ungkap Program PTM Berhasil Turunkan Stunting, Berat Badan 538 Balita Naik

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:55 WIB

PDIP Sulbar Klaim Perolehan Kursi DPRD di 3 Kabupaten Meningkat

Minggu, 18 Februari 2024 - 08:41 WIB

ORI Sulbar Besutan Asisten Prabowo Bersyukur Prabowo-Gibran Menang di Bumi Malaqbi

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:39 WIB

PDIP Sulbar Komplain, Ada Kesalahan Penginputan Suara Caleg DPR RI di TPS Mamasa dan Polman

Jumat, 2 Februari 2024 - 17:44 WIB

Ketum Golkar Airlangga Bidik 60 Persen Suara untuk Pilpres di Sulbar

Jumat, 2 Februari 2024 - 12:20 WIB

Caleg DPR RI Ibnu Munzir Komitmen Bangun Sulbar Jika Kembali Melenggang ke Senayan

Jumat, 2 Februari 2024 - 06:24 WIB

Mengenal Lathief Syukriel, Dai Milenial Lulusan Ponpes Jakarta Maju Caleg DPRD Sulbar

Kamis, 1 Februari 2024 - 19:34 WIB

Besok Airlangga Akan Hadiri Konsolidasi Pemenangan Pemilu Partai Golkar Sulbar, Caleg Wajib Hadir

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:14 WIB

TPK Ganjar-Mahfud Mamuju Instruksikan Caleg dan Relawan Sosialisasikan KTP Sakti

Berita Terbaru