Manakarra Fair 2023 Segera Digelar, Bakal Sangat Meriah

- Jurnalis

Rabu, 12 Juli 2023 - 19:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBARPEDIA.COM,- Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ke-483 tahun yang jatuh pada Jumat 14 Juli yang akan berlangsung hingga 16 Juli 2023.

Pemerintah Kabupaten Mamuju bekerja sama mulai perhotelan D’Maleo Hotel Mamuju dan tujuh Perbankan ikut menyukseskan event tahunan tersebut serta Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Barat,yang diramu dalam Manakarra Fair 2023.

Manakarra Fair kali ini, mengusung tema “The Heritage of Mamuju” akan menjadi panggung utama Manakarra Fair 2023 sebagai ajang kekayaan tradisi, dan komunitas kreatif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Founder Manakarra Fair Veronica Wijaya,  yang juga selaku Liason Officer (LO) General Event Emefsi Management pelaksana kegiatan menyampaikan sejumlah hal pada rangkaian event dalam sesi press conference, di Water Park Grand Maleo Hotel Mamuju, Rabu (12/7/23).

Veronica Wijaya menyebutkan, event ini melibatkan 40 brand UMKM bersertifikasi halal bekerja sama rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“40 Brand UMKM ini adalah untuk oleh-oleh khas Mamuju, mempunyai badan hukum PT, Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), atau pun BPOM,” sebutnya.

Selain brand makanan oleh-oleh khas Mamuju, 70 Brand Makanan Food and Beverages, art dan kraft, fashion, dan lebih 200 musisi dan penari tradisional ikut meramaikan. Tak ketinggalan, menghadirkan pagelaran Keke Muane-Keke Baine 2023, pemilihan putra-putri daerah Mamuju.

“Manakarra Fair menghadirkan Musical parade Manakarra Musician Community, Marching Band kolaborasi tarian Wonderlan Indonesia dan Manakarra Choir dengan pemain band, musik tradisional serta tari Sayo Api, cerita cinta Lasalaga dan manggarru’,” urainya.

Veronica Wijaya menjelaskan, aktivasi Manakara fair yang menarik membentuk publikasi dari sebuah event, sehingga dapat menjadikan karisma event nusantara di tahun kedua yang telah melalui kurasi dari 130 event di Indonesia dan satu-satunya di Sulawesi Barat.

“Ada hal yang menarik kegiatan ini, Manakarra Fair menyediakan booth ‘The Heritage of Mamuju’, menyuguhkan Live Tenun, Kelas Kopi, Karya Pameran Komunitas perupa Mamuju, dan juga makanan tradisional Mamuju, yaitu Jepa, Bau Peapi dan Penja. Booth ini akan dibuka pukul 16.00 setiap harinya,” urai Veronica.

Tak hanya sekedar berkunjung, para wisatawan juga dapat menikmati beberapa spot terdekat. Ini dapat diakses sekitar 30 menit dari anjungan Pantai Manakarra, yakni Pulau Karampuang.

Selain itu, ada spot-spot lainnya, mulai dari Pantai Purnama, Air Terjun Tamasapi, Pantai Belang-Belang, Pantai Ngalo, Rumah Adat Mamuju, Landmark Mamuju City di Anjoro Pitu, hingga Rice Fields di Kalukku.

“Bagi wisatawan yang suka wisata laut, seperti dive, dapat langsung ke Pulau Karampuang, salah satu spot dive terbaik di Indonesia, untuk yang senang mancing, wisatawan dapat melakukan Fishing Trip ke Pulau Bala’-Balakang yang populer dengan ikan Rubi dan Tuna Yellow Fin,” ujarnya.

Sementara itu, Ariady Ihsan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab.Mamuju menyampaikan dalam kegiatan Manakarra Fair 2023 ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Sebab, Manakarra Fair 2023 tersebut kegiatannya lebih banyak yang akan disajikan.

“Kegiatan Manakarra Fair 2023 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena rangkaian kegiatannya di tahun 2023 bertambah” ungkapnya

Ia juga menambahkan, kegiatan Manakarra Fair ini pemerintah Kabupaten Mamuju telah melaksanakannya sebanyak delapan kali, namun Manakarra Fair tahun 2023 ini pertunjukannya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. (Adv)

Berita Terkait

Pria di Kalukku Hilang Usai Masuk Hutan Cari Pakan Ternak, Diduga Terseret Arus Sungai
Kadinkes Mamuju Bantah Kasus TBC di Buttuada Meningkat: Hanya 1 Penderita Meninggal
Geger Mayat Wanita Ditemukan Dalam Mobil di Mamuju, Polisi Datangi TKP
Dinkes Sulbar Siapkan 118 Faskes Saat Mudik Lebaran, Pastikan Nakes Bertugas
Bupati Mateng Aras Tammauni Serahkan SK PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan 2023
Sekda Mateng: Mari Menyambut Idul Fitri Tanpa Gratifikasi
Pj Gubernur Sulbar Ingin Fokus Kembangkan SDM Lewat Program 1000 Beasiswa
Dinkes Sulbar Ajak Orang Tua Rutin Cek Kesehatan Balita di Posyandu

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 17:40 WIB

Hati-hati! Ada Penipu Catut Nama Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif di Facebook

Kamis, 11 April 2024 - 10:08 WIB

Masa Jabatan Sebagai Pj Gubernur Sulbar Berakhir Mei 2024, Ini Kata Zudan Arif

Selasa, 9 April 2024 - 13:51 WIB

BPBD Sulbar Pastikan Informasi Gempa Bumi di Majene Adalah Hoax

Senin, 8 April 2024 - 04:16 WIB

Tinjau Terminal Simbuang, Zudan Minta Sopir Bus Jaga Kesehatan dan Keselamatan Penumpang

Sabtu, 6 April 2024 - 12:11 WIB

Korpri Sulbar Beri Hadiah Dua Paket Umroh untuk Jemaah Masjid Baitul Anwar

Jumat, 5 April 2024 - 21:00 WIB

Dinkes Sulbar Siapkan 118 Faskes Saat Mudik Lebaran, Pastikan Nakes Bertugas

Jumat, 5 April 2024 - 13:48 WIB

Dirlantas Polda Sulbar Berbagi Tips Mudik Aman dan Lancar, Yuk Disimak

Jumat, 5 April 2024 - 12:24 WIB

Sulbar Satu-satunya Provinsi di Indonesia yang Konsisten Lakukan Simulasi Gempa Bumi

Berita Terbaru